Template baru masih dalam pengembangan.... XD XP

Ketika Ada yang Ingin Menulis Review

Apa itu review? Sana, buka kamus anda. Saya tidak berencana membuat tulisan panjang yang bisa memuat pengertian dari kata review itu sendiri. Jadi, jika anda sudah selesai membaca pengertian kata review, silahkan lanjut baca ke bawah. Dari hasil blogwalking saya tentang bisnis online, saya menemukan sebuah sistem pencetak uang yang dinamakan "paid review". Apa itu paid review? Kali ini lebih baik anda buka google saja karena bukan itu yang menjadi pokok utama tulisan ini. Saya tidak akan membahas soal bisnis paid review, saya hanya menginformasikan bahwa ada bisnis semacam itu di internet. Kalau anda merasa tertarik dengan bisnis itu, saya yakin nantinya anda akan membutuhkan beberapa catatan kecil yang saya selipkan di sini untuk anda.

Ketika anda ingin menulis review tentang suatu produk atau blog orang lain, sebaiknya anda menggunakan pertanyaan-pertanyaan di bawah ini sebagai panduan. Saya tidak mengharuskannya lho, saya cuma menyarankan saja.

1. Apakah saya benar-benar mengenal seluk beluk blog atau produk yang mau saya review?
Secara sekilas, jawaban pertanyaan ini cuma antara "ya" dan "tidak". Namun untuk memulai tulisan atau review anda, anda perlu komponen lain untuk melengkapi jawaban tersebut. Maka jawabannya seharusnya jadi begini...
"ya, saya tahu bahwa blog/produk itu blablablabla..."
dan
"tidak, saya cuma tau bahwa blog/produk itu blablablabla sedangkn saya harus cari tau mengapa blablabla dan apakah blablabla dst"
Berarti jawaban dari pertanyaan ini bakal terjawab setelah anda benar-benar mengenal seluk-beluk blog/produk tadi. Hal ini perlu perhatian dan kerja keras. Maka unntuk membantu anda, saya sediakan pertanyaan-pertanyaan berikut.

2. Apa kelebihan-kelebihan blog/produk itu dibandingkan produk/blog sejenis?
Anda bisa membuat daftar dari jawaban pertanyaan ini. Semakin panjang daftarnya, tentu akan semakin baik. Karena semakin banyak hal baik yang bisa anda tampilkan dalam review anda.

3. Apa kekurangan-kekurangan blog/produk itu yang ingin anda perbaiki?
Perlakukan saja pertanyaan ini seperti pertanyaan ke dua. Buatlah daftarnya. Kalau bisa minimalisir daftar tersebut hanya pada poin-poin ekstrim yang perlu difokuskan. Hal ini dimaksudkan agar tidak terlalu banyak kritikan dalam review anda sehingga review anda tetap merupakan review positif. Dalam menjawab pertanyaan ini, anda perlu melakukan kerja tambahan yakni memberikan solusi pada daftar anda. Setiap kekurangan yang anda list harus disertai dengan saran perbaikan yang tepat sehingga dalam review anda juga terdapat solusi.

4. Apa manfaat blog/produk itu untuk orang lain?
Kali ini anda lihat isi kepala anda sendiri. Bagaimana kkesan-kesan anda terhadap blog/produk itu. Apa manfaat yang sudah anda rasakan. Pikirkan apa dampak positif yang akan dihasilkan setelah mengkonsumsi produk/blog tadi. Dan tumpahkan secara obyektif dalam pandangan umum.

5. Apa harapan anda untuk blog/produk itu?
Jawaban dari pertanyaan ini merupakan rangkuman dari semua jawaban yang sudah anda dapat tadi. Setelah anda mengetahui segala kelebihan, kekurangan, cara mengatasi kekurangan tadi dan manfaat produk/blog tersebut, maka anda pasti punya harapan seperti apa sebaiknya blog/produk itu ke depannya. Curhatlah pada bagian ini. Tumpahkan semua sebagai sentuhan akhir.

Setelah semua pertanyaan terjawab, sekarang anda tinggal mengarang kalimat pembuka dan penutup untuk menyelesaikan review anda.

Nah, sebagai bonus...
Saya akan beritahu keuntungan menulis review selain untuk kepentingan paid review.
1. Anda bisa cari muka pada blog-blog besar milik para master blog. Asal review anda keren, mereka (golongan eksklusif) yang sebelumnya tidak menotice anda, akan segera tersadar akan keberadaan anda, dan bukan tidak mungkin menjalin hubungan baik dengan anda, karena setahu saya... blogger yang mencintai blog/produknya, menyukai orang-orang yang mengerti tentang blog/produknya.

2. Anda bisa mendatangkan trafik. Asal anda punya judul review yang keren, bisa jadi para fans blog/produk tersebut akan tertarik membaca review anda karena setahu saya, para fans itu selalu ingin tahu ada apa dengan idolanya. Maka tulisan atau berita apapun yang membahas tentang idolanya akan dicari dan dibaca hanya untuk menghilangkan rasa penasaran mereka.

3. Paling tidak, anda bisa tahu seberapa kemampuan menulis anda. Anda perhatikan saja tanggapan yang diberikan oleh orang-orang di atas. Apakah reaksinya standar, heboh, penuh suka cita atau bahkan nggak ada tanggapan sama sekali. Dari situ anda bisa mengukur kekuatan tulisan anda. Jika reaksinya sesuai harapan, yah keep up the good work. Kalo reaksinya mengecewakan, berarti anda harus mulai mengasah dan memoles kemampuan menulis anda.

Sampai di sini saja deh... Karena cuma sebatas inilah pengetahuan saya yang bisa dibagi. Saya tau anda mungkin bisa mendapatkan informasi yang lebih baik di tempat lain, tapi saya berterimakasih karena anda sudah sudi membaca postingan ini hingga selesai. Jika anda benar-benar memutuskan untuk menulis review, silahkan kabari saya. Saya akan jadi orang pertama yang membaca review anda. Selamat menulis !

0 tanggapan:

Posting Komentar

Jika ada yang ingin kamu sampaikan, silahkan tuliskan saja...

Template oleh Risty. Diberdayakan oleh Blogger.