Template baru masih dalam pengembangan.... XD XP

Yuk, Cari Tahu Gaya Menulismu... !

Setiap orang sebenarnya punya gaya menulisnya sendiri-sendiri. Ada yang menyadarinya dan konsisten menulis seperti itu di setiap postingannya, ada juga yang tidak konsisten seperti saya. Anda bisa lihat sendiri bahwa gaya menulis saya berubah-ubah sesuka hati dan mood saya. Dan ini bukan kebiasaan yang baik. Jadi, mengetahui gaya menulis yang menjadi ciri khas itu perlu diketahui. Selain untuk memberikan kenyamanan bagi penulis, juga dapat membangun image blog itu sendiri.


1. Gaya artikel koran atau majalah.
Tulisan seperti ini menggunakan judul yang ramah, kadang unik dan tidak umum, pokoknya mengundang pembaca. Contohnya judul postingan ini. Mengenai isinya, tulisan jenis ini menggunakan bahasa baku yang enak dibaca dan bahasanya menyapa pembaca. Untuk contoh lebih akurat, anda bisa coba buka koran atau majalah di dekat anda dan mulai membuktikan penjelasan di atas.


2. Gaya tutorial.
Tulisan yang ini lebih mudah ditandai karena memiliki ciri fisik pada artikel secara keseluruhan. Ciri pertama ada pada judul yang menggunakan variasi kata tutorial, cara, kiat, langkah-langkah. Kadang terselip angka di depan kata-kata tadi. Ciri berikutnya dapat dilihat dari isi tulisan yang cenderung berupa poin-poin, kadang terdapat gambar, inti paragraf terletak setelah angka atau poin kemudian penjelasannya di bawahnya. Ciri fisik lain adalah bahasa yang terkesan menggurui sebagai inti dari artikel itu.

3. Gaya diary.
Tulisan jenis ini yang sering dipakai kebanyakan blogger untuk menulis artikelnya. Tulisan seperti ini menggunakan kata ganti orang pertama tunggal seperti saya, aku, gw dan lain-lain. Sudut pandang yang digunakan juga dari sudut pandang orang pertama tunggal tadi. Isi postingannya banyak membicarakan diri sendiri dan didominasi pandangan atau pendapatnya tentang sesuatu. Walaupun begitu, dalam postingan blog, tulisan ini masih menyapa pembaca dan menggunakan bahasa baku yang enak dibaca.

4. Gaya ngobrol.
Ini jenis tulisan yang unik dan vulgar. Setiap orang memiliki gaya bicara sendiri-sendiri. Ada yang sopan, ada yang blak-blakan ada yang serius. Tulisan ini hampir sama dengan gaya diary, bedanya, bahasa yang digunakan bukanlah bahasa baku dan kata-kata yang digunakan juga kadang bukan kata-kata yang terdapat dalam kamus bahasa indonesia dan tidak mengikuti kaidah ejaan yang disempurnakan.

5. Gaya puitis.
Jenis tulisan ini jarang ditemukan kecuali di blog-blog yang bertema seni sastra bahasa. Judul yang digunakan biasanya penuh kiasan dan makna konotasi serta bernilai estetis. Sudut pandang yang digunakan juga fleksibel. Kadang membicarakan diri sendiri, kadang memberi petuah pada orang lain. Kalimat yang dipakai biasanya bertele-tele dan cenderung menggunakan kalimat panjang yang penuh dengan kiasan.

Nah, itulah berbagai jenis gaya menulis yang mendominasi blog-blog indonesia. Lebih jauh lagi, masih ada jenis variasi gaya tulisan yang merupakan campuran antara gaya tulisan di atas. Anda bisa temukan sendiri dengan mencoba bereksperimen dengan postingan anda. Contoh variasi gaya tulisan yang lain misalnya gaya melawak, gaya newbie, gaya kritik dan lain-lain. Jika anda adalah orang yang suka blogwalking, anda akan menemukan lebih banyak gaya tulisan yang bisa menginspirasi anda.
------------------------------------------------------------------------------------
Artikel ini ditulis oleh owner blogstation
jika anda ingin mengkopi artikel ini, tolong cantumkan credit title dalam bentuk link
http://blagbligblugbleg.blogspot.com
Terimakasih.

9 tanggapan:

  1. Mimbs Blog mengatakan...:

    Ane mampir.. ^^
    BTW, blog lu banyak amat buk.. yang beneran, yang aktif, yang rajin diupdate yang mana? Buat Shoutmix nya juga dong, biar asik.. heheh

  1. Erianto Anas mengatakan...:

    Dari tulisan ini sepertinya mbak Risty sudah paham dasar-dasar dlm penulisan.
    Dari keliamat-kalimatnya, tampaknya mbak Risty sudah paham cara menghemat kata (kalimat efektif)
    Dari segi "suasana", sudah ada "roh" dalam tulisannya.
    Dan kalau saya boleh "usil" mbak Risty jg bisa tambahkan: no.6: gaya kentut dan no.7: gaya "kurang ajar"

    * karena komentar "nakal" ini saya ikhlas untuk dibanting-banting mbak....

  1. Risty mengatakan...:

    @mimbs: pak, lain kali pake name/url aja yah. Ribet noh gw mo ke blog lu. Mana gw lupa nama blog lu, gw musti ke wp segala. Btw, proyek emoticon gw dah ampir kelar. Siap-siap terkesima.
    *kenapa kita jadi OOT begini yah?*
    *menuju shoutbox mimbz*

    @Blogernas:
    *banting-banting sekuat tenaga*
    Okeh, saya puas membanting anda. Soal gaya kentut dan gaya kurang ajar, saya jadi tertarik untuk mempraktekan gaya menulis tersebut sebelum saya membuat ulasannya. Btw, thx a lot untuk apresiasi anda terhadap blog ini. Blog saya masih dalam tahap pertumbuhan. Dan asupan Gizi dari komentar semacam ini sangat membantu pertumbuhannya.

  1. Erianto Anas mengatakan...:

    wah...emang gak salah nih koment saya.
    Baik yg saya tulis di blogernas maupun yg langsung di sini.

    Dan taukah mbak Risty:
    Saya sudah duluan mengkhayal, membayngkan sekian update terbaru mbak ke depan akan lancar mengalir tanpa beban

    Dan patut mbak Risty catat:
    Itu juga bagian dari.....rasa puas saya
    setelah setiap hari jungkir balik mengolah kata.
    Dan dari sekian pengunjung yg menempel di blogernas: baru anda yg punya "rasa kata".....

  1. Belantara Indonesia mengatakan...:

    kalo gaya nulisku yg gimana mbak manja?..hehhehee...yap masing2 orang punya gaya sendiri2...ya pake aja gaya yg bikin mas anas Blogernas tu ngakak-ngakak di depan komputer....:))

  1. Risty mengatakan...:

    @ belantara indonesia:
    first, welkam !
    second, thanks untuk kunjungannya...
    third, gaya tulisan situ sangat menarik namun kurang menggairahkan sehingga saya cuman bisa jadi ninja yang tiap hari nongol di blog situ, baca-baca sampai bosan terus menghilang. wkwkwk
    thx buat masukannya. Saya jadi nyadar, sebenarnya saya ini nulis apa ngelawak ya...? kalau begitu, saya introspeksi diri dulu. Barangkali saya bisa mencontoh teladan blogger senior seperti anda. Amin...

  1. Erianto Anas mengatakan...:

    Eh ... malah pindah ke sini?
    Haha....makin seru aja nih!
    Habis di sini, kita kemana lagi?

    * inilah blogwalking kentut jilid dua (tapi yang ini asyik ya!)

  1. Mimbs mengatakan...:

    Hahah.. biarin deh OOT.. Ndak ada tempat chat nya sih.. *slaped* Gw tunggu yak launching emoticons lu.. Btw, gw sangat amat menantikan tips SEO dari lu Mecha.. beneran dah.. bagiin tips dong.. *muka melas*

  1. Risty mengatakan...:

    @Mimbs: Jah, papih... anakmu ini masih bau kencur pih... Soal SEO masih ngesot nih papih. Btw, kalo soal emotikon, pasti diriku akan mengundangmu di hari pelaunchingannya. Muakakakaka

Posting Komentar

Jika ada yang ingin kamu sampaikan, silahkan tuliskan saja...

Template oleh Risty. Diberdayakan oleh Blogger.