Template baru masih dalam pengembangan.... XD XP

Teknik SEO untuk pemula yang putus asa: SEO pada komponen blog

Ini posting pertama tentang SEO XD nerpos... Soalnya baru belajar nih. Makanya, supaya bisa belajar sama-sama ya saya post di sini aja lah... Nah, postingan SEO ini bakal panjang banget jadinya jadi, lebih baik saya potong-potong supaya lebih pendek sehingga mudah dicerna.hohoho...
Catatan belajar SEO I
Materi: Bagaimana cara mengoptimasi SEO ketika pertama kali mengawali sebuah blog.

1. Tentukan tema blog.
Sebaiknya mulai sekarang kita menentukan tema, soalnya, menurut pengalaman saya yang dulu memulai blog ini dengan tema gado-gado, sangat tidak menyenangkan. Banyak masalah terjadi. Misalnya ketika akan mendaftarkan situs ke mesin pencari, keyword yang dimasukkan bisa satu halaman postingan penuh saking banyaknya tema yang mau ditulis. Begitu pula ketika akan mendaftarkan situs ke berbagai direktori, bakal bingung menentukan tema atau kategori blog karena terlalu beragam. Jadi orang jangan serakah ! itu kata saya pada diri saya sendiri. Lalu... saya memutuskan untuk memilih tema belajar blogging dan SEO di blog ini. Tentu saja, belajar menulis masih jadi selingan. Nah, dari pilihan itu, saya pilih tema belajar blogging karena paling dominan.

2. Pilih nama domain yang merupakan keyword.
Domain blog harus merupakan kata kunci/keyword yang kita incar. Misalnya blog yang berisi tentang tutorial blogging berarti domainnya harus "tutorialblogging.blogspot.com" atau sejenisnya. soal yang ini sih relatif. Tergantung kita maunya gimana. Banyak juga kok blog/web yang jadi nomor satu walaupun nama domainnya bukan keyword, melainkan personal identity seperti nama, slogan, merek dll. Itu karena mereka menggunakan jurus SEOnya di elemen yang lain. Pada kasus saya, saya mau dong punya domain yang ada keywordnya. Tapi sayang, gara-gara niatan semula menjadikan blog ini blog gado-gado, saya jadi menamakan blog saya seperti sekarang. Lalu, apakah saya harus ganti nama domain? Oh... tentu tidak ! Jika saya lakukan itu, maka semua jerih payah saya menanam backlink di mana-mana bakal sia-sia karena jika nama domain blog ini saya rubah, maka alamat blog ini tidak akan bisa diakses lagi. Sangat sayang bukan?! Jadi, pemecahannya ada di sini. Dengan cara itu, maka saya bisa punya domain baru tanpa perlu menghapus atau mengganti domain lama saya. Domain baru jadi teroptimasi SEO-nya, domain lama tetap bisa diakses.

3. Title dan deskripsi blog juga sebaiknya mengandung kata kunci.
Kalau tadi domainnya, sekarang title dan descriptionnya juga mesti dioptimasi. Blog ini jelas-jelas merupakan contoh yang nggak baik. Lihat aja deh, alanat domainnya http://blagbligblugbleg.blogspot.com lalu titlenya "blogstation" kemudian descriptionnya "menyebarkan onformasi dan inspirasi" buat saya itu keren banget (yaiyalah saya yang buat) tapi SEOnya tidak teroptimasi (itulah sebabnya hampir 2bulan ngeblog, visitor macet di tiga digit) Sebaiknya mulai sekarang saya belajar konsisten. Kalau alamat barunya http://www.belajarblogging.co.nr berarti titlenya jadi "belajar blogging" dan descriptionnya "belajar blogging bersama untuk pemula" nah, sekarang menurut saya, ini baru keren (mau muntah, muntah aja. Saya udah duluan).

Nah, postingan pertama cukup segini dulu. Di buku catetan saya masih sekitar 20 halaman corat-coret lagi. Tapi, cuman berupa poin-poin aja. Jadi, bakal masi lama kelarnya. Btw, thanks buat yang udah baca dan plis, suport dengan komen, biar saya tau salahnya di mana.
---------------------------------------------------------------------------------
Terimakasih juga untuk:
situs-situs yang telah membahas tentang SEO sehingga saya bisa belajar di situ. Bukannya saya nggak mau mencantumkan link balik, tapi saya bingung karena lebih dari sepuluh situs membahas tentang yang di atas. Jadi, lebih baik saya tidak cantumkan link balik. Bagi yang merasa saya mengkopas tulisannya, komen aja di bawah, nanti saya tindak lanjuti.

3 tanggapan:

  1. Erianto Anas mengatakan...:

    Ketiga-tiganya benar mbak. Saya jg lakuin yg sama utk blogernas. Url, title dan deskripsi, semuanya satu arah. Dan isinya juda spesifik soal blogging.

    Tp ada juga blog yg tidk bgt dan ttp menang bersaing di halaman google. Krn mereka maksimalkn SEOnya di sisi lain. Ini kan baru SEO ke dalam (SEO on page), belum SEO keluar (SEO off page). TApi kalau dpt keduanya ya tambah baguslah ....

    Okey mbak, selamat ya buat "belajar blogging"

  1. Tunggal Jaya Store mengatakan...:

    Ternyata nama domain berpengaruh juga y...

  1. Unknown mengatakan...:

    @ blogernas: Yap yap yap, ini masih SEO on page dan belum tuntas pula. Masih ada tag-tag dan lain-lainnya lagi. Ada tuh, pada arisan di daftar draft. wkwkwk. Sukses juga deh buat blognya.

    @Tunggal jaya: Iya mas, nama domain berpengaruh lho. Btw, tunggal jaya itu nama penerbit buku apa nama toko di real world ya? hehehe

Posting Komentar

Jika ada yang ingin kamu sampaikan, silahkan tuliskan saja...

Template oleh Risty. Diberdayakan oleh Blogger.