Template baru masih dalam pengembangan.... XD XP

Antara Copas dan Konten Gratis.

Okeh, untuk postingan ini, gw mo jadi diri sendiri dulu. Mungkin gaya postingannya rada beda dikit, soalna setelah balik dari forum asrama tercintah, gw jadi nyadar, tak ada yang lebih baik dari jadi diri sendiri. Okey, pokok pembahasan hari ini apa yah sodara-sodara?
*lirik ke atas*
owh, antara kopi paste dan konten gratisan. Yaudin, langsung aja.



Kapan hari gw mampir ke sebuah blog yang mati-matian membela copy paste. Ya kagak salah ding, copas uda jadi hal umum. Cuman, kopas yang kita tau tu kan etikanya ngopas tapi mencantumkan link sumber (seperti yang gw lakukan selama ini). Nah, gw liat di blog kopas tu orang, kagak ada sumberna dan itu yang bikin dia di recokin ama banyak orang. Termasuk gw. Gw juga ikut ngerecokin di sono. Mau link? Ogah. Gw ogah pasang link ke sono. Nambah-nambah trapik dia aja (jah, aslina pelit). Di sana gw mengungkapkan pikiran gw kalo link sumber itu perlu sebage bentuk apresiasi dan orang yang kopas asal nyomot, ntu berarti ngebajak hasil pikiran orang.

Biar gini-gini, gw orang yang ogah ngopas mentah-mentah, merasa merangkum lebih bermartabat. Bahkan gw masih nyempetin ngasi link balik. Kurang baik apa coba gw? (ok, gw emang narsis najis). Tapi ternyata gw juga sama bejat dengan blogger kopas lainnya.

Sudah berapa kali gw pundung update ni blog lantaran gw kagak enak ama belasan draft blog gw yang dimulai dengan kata download gratis. Iyeh, kemaren pan ntu postingan upin en ipin bikin gw panen trapik dari mana-mana (dari gugel, dari pesbuk, setumbel yupon dan laen-laen) makanya gw jadi pin ngepost konten gratisan lagi. Udah ngantri di draft, lagu-lagu piala dunia sepanjang masa mulai dari mp3, video klip 3gp sampe lirik format pdf. Gw niat banget, sampe belajar bikin spoiler segala buat nge-hide pideo ama skrinsutnya. Tapi pundung gw posting. Belom lagi lagu-lagu, mv plus lirik en poto-poto super junior di album terbaru mereka, trus ebook-ebook tentang bloging dan bikin template blog, belum lagi koleksi wolpeper piala dunia dan wolpeper buat tujuhbelasan nanti dan seabrek konten gratis lainnya. Semua pundung diposting gara-gara satu pemikiran.
Itu semua bukan konten bikinan gw, itu semua konten yang gw colong dari web dan blog punya orang lain. Itu semua konten bajakan ! Mampus gw. Padahal beberapa hari yang lalu gw gembar-gembor di blog orang, belaga sok suci mengharamkan kopas tanpa link sumber. Padahal gw sendiri main bajak konten orang lain.

Sekarang ini pertanyaannya.
Bagaimana caranya gw bisa posting semua draft gw tanpa rasa bersalah?
A. Gini aja deh, lu posting aja, tapi inget buat cantumin oficial sitenya. Kalo perlu, kasi tulisan berisi nasihat untuk beli aslinya. Gitu.
B. Ah, munapik tuh jawaban A. Posting aja, sebodo amat lah sama etika blogger dan tetek-bengeknya ituh. Emang lu kagak tau kalo di internet blom ada hukum tentang pembajakan. Semua yang ada di internet itu bebas disikat. Andersten?
C. Dodol tuh jawaban B, ketauan banget bejatnya. Lebih baik apus aja deh tu draft. Kagak baik main bajak-bajakan. Emangnya lu kerbau? Mending lu posting yang lain yang lebih bermanfaat, kalo mo ngasi konten gratis ya kudu bikinan elu dong.

Nah, option manakah yang bakal kamu pilih kalo kamu jadi saya?

8 tanggapan:

  1. Lutfi Setiyawan mengatakan...:

    ya, bener ni, emang sangat membedakan koq ^_^

  1. Muhammad Chandra mengatakan...:

    ane jarang copy - paste. . .
    tapi artikel orang laen saya baca,,kemudian apa yang saya baca,,saya simpulkan di blog saya. .
    tapi, sumber tetap saya berikan. .

  1. Unknown mengatakan...:

    @MF: lu pilih nyang mane bro?
    @Muh.Chandra: jadi option A nih?

  1. Ami Junior mengatakan...:

    ku setuju ama si Muh. Chandra tuh. Dibaca dulu terus disimpulkan tapi pake style bahasa kita sendiri dong !!!

  1. Unknown mengatakan...:

    @Ami: yang gw maksud bukan tulisan kopas, tapi konten bajakan kek mp3, video, e-book dan lain-lainnya itu... kalo soal tulisan sih gw udah ngerti aturan pakenya.

  1. nisa ipeh mengatakan...:

    Kalo gue bilang yang A aje tau. Pan udah banyak tuh situs2 yang nyediain konten gratis gitu, dan melakukan hal yang sama kayak yang elo tulis (sumber dan ajakan beli asli, red). Yang penting udah menghimbau mereka untuk beli yang asli kan =P

  1. Erianto Anas mengatakan...:

    Jujur nih mbak Risty,
    Satu pun saya nggak tertarik dg ketiga pilihan itu. Saya hanya tertarik "gaya bertutur" mbak Risty. Enak dibaca dan ... "orisinil"

  1. Unknown mengatakan...:

    @ipeh: Ah, jadi elu juga dukung option A ! Oh, ipeh.. kita memang sehati. wkwkwk...

    @Blogernas: Oh, ada yang suka sama postingan sarap gw? wkwkwk, padahal sangat sulit untuk tidak posting seperti itu. Hm... haruskah saya kembali ke kebiasaan awal ya.. posting gaya ngobrol.

Posting Komentar

Jika ada yang ingin kamu sampaikan, silahkan tuliskan saja...

Template oleh Risty. Diberdayakan oleh Blogger.